PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Rabu, 27 Agustus 2014

Stan PNPM MPk Kab. Bengkayang turut meramaikan Expo Nasional KPDT 2014

Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) kembali menggelar Expo KPDT tahun 2014. Kegiatan yang bertujuan untuk mempublikasikan kepada khalayak tentang potensi unggulan yang ada di daerah tertinggal. kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menampilkan potensi unggulan daerah baik dibidang seni, pariwisata, produk unggulan lokal dan potensi sumber daya alam lainnya dan Kabupaten Bengkayang di Provinsi Kalimantan Barat, yang merupakan salah satu daerah yang berada di perbatasan RI-Malaysia ini ditunjuk menjadi tuan rumah ajang nasional tersebut.



Expo yang bertajuk Pameran Potensi Unggulan Daerah Tertinggal tingkat Nasional ini diselenggarakan mulai tanggal 27 Agustus hingga 30 Agustus 2014 dan langsung dibuka oleh Menteri PDT Helmy Faishal Zaini pada Rabu, 27 Agustus 2014 lalu. Expo yang cukup meriah ini diikuti oleh 10 provinsi dan 26 Kab/Kota dengan jumlah stan sebanyak 50 stan untuk peserta Kabupaten daerah tertinggal dan stake holder KPDT Lainnya dari seluruh Indonesia dimana PNPM Mandiri Perkotaan melalui fasilitasi Askot CD Mandiri Kabupaten Bengkayang bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Bengkayang juga tak ketinggalan turut serta memeriahkannya dengan mengisi salah satu stan dengan produk-produk unggulannya.

"Bappeda Kabupaten Bengkayang memberikan dukungan fasilitas berupa 1 stan khusus kepada PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Bengkayang untuk mempublikasikan dan mempromosikan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masyarakat baik oleh BKM maupun KSM dampingan PNPM Mandiri Perkotaan pada pameran ini, tentu kami mewakili masyarakat dampingan PNPM mandiri perkotaan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalui Bappeda Kab. Bengkayang yang telah turut berkontribusi dan memberikan perhatian lebih agar masyarakat dapat mempublikasikan program dan kegiatan serta produk mereka" ungkap muhlisin, Askot CD Mandiri PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Bengkayang.


Kegiatan Pameran atau exhibition memiliki peranan penting dalam upaya mensosialisasikan visi, misi, program dan kegiatan kepada khalayak. Dalam konteks PNPM-MPk, sosialisasi diartikan bukan hanya bagaimana PNPM-MPk dapat dipahami oleh masyarakat baik subtansi maupun prosedurnya, Sosialisasi bukan sekedar diseminasi atau media publikasi, melainkan bagian dari proses pemberdayaan. Melalui sosialisasi diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran kritis, menumbuhkan perubahan sikap, dan perilaku masyarakat. Sebab itu, sosialisasi harus terintegrasi dalam aktivitas pemberdayaan dan dilakukan secara terus menerus untuk memampukan masyarakat  menanggulangi masalah-masalah kemiskinan secara mandiri dan berkelanjutan.


Salah satu upaya untuk melakukan sosialisasi, publikasi dan edukasi kepada khalayak secara langsung adalah melalui kegiatan exhibition (pameran). Dalam Kegiatan Exhibition, akan dapat ditampilan secara nyata display profil BKM/LKM & KSM serta produk-produk hasil dampingan dalam cakupan PNPM Mandiri Perkotaan baik berupa foto, film, produk-produk media cetak maupun produk-produk yang telah dihasilkan dari kegiatan dimasyarakat penerima manfaat yang berada di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). 

Sosialisasi langsung ke masyarakat maupun stake holder ini dibutuhkan dengan maksud agar diperoleh gambaran yang utuh dan konkret hasil dari pendampingan PNPM Mandiri Perkotaan dan dapat diperoleh feed back dari para pengunjung secara langsung baik berupa masukan, saran atau bahkan tindak lanjut seperti terbangunnya kemitraan.  

Momentum exhibition ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan potensi daerah kepada pihak lain sekaligus mempromosikan produk-produk yang dihasilkan oleh BKM/LKM dan KSM. Dengan exhibition ini diharapkan dapat menghasilkan penilaian yang objektif tentang pelaksanaan program PNPM-MPk dan menjadi salah satu upaya dalam membangun tumbuhnya saling percaya khususnya dalam penanggulangan kemiskinan dengan mengoptimalkan peran seluruh elemen bangsa tak terkecuali masyarakat itu sendiri.

Semoga kegiatan yang masih akan berjalan 2 hari kedepan ini dapat terselenggara dengan sukses dan memberikan dampak positif terhadap pembangunan serta dalam upaya mengurangi angka kemiskinan khususnya di daerah tertinggal.



Agus Sarwoko
TA LG PP pic Socialization Specialist
PNPM Mandiri Perkotaan OC 3 Prov. Kalbar


1 komentar:

Nina Razad mengatakan...

Mantappp ini.. Kami tayang di website yaa..

[Berita dari Bengkayang] PNPM Perkotaan Bengkayang Ramaikan Expo Nasional KPDT 2014 - PNPM Mandiri Perkotaan, melalui Fasilitasi Askot CD Mandiri Kabupaten Bengkayang, bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Bengkayang juga turut serta memeriahkannya dengan mengisi salah satu stan...: http://pnpm-perkotaan.org/wartadetil.asp?mid=6924&catid=1&