PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Minggu, 04 Mei 2014

HARAPAN MEMILIKI AKSES JALAN YANG BAIK MENJADI KENYATAAN


KOTA SINGKAWANG. Masyarakat RT 27 RW 14 Kelurahan Setapuk Besar Kecamatan Singkawang Utara Kota Singkawang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, namun salah satu keluhan dan kendala yang mereka hadapi selama ini adalah salah satu akses jalan yang terdapat di lingkungan mereka yang belum baik apalagi jika dalam musim penghujan karena akan licin dan sulit untuk dilewati. Sudah cukup lama warga berharap dilakukannya pembangunan salah sau jalan untuk peningkatan kondisi jalan tanah menuju kebun mereka tersebut agar kualitasnya lebih baik. Bak pucuk dicinta ulam pun tiba, melalui Program PNPM Mandiri Perkotaan, mimpi mereka pun menjadi kenyataan.

Dengan telah direalisasikannya usulan warga berupa jalan beton sepanjang 100 meter dan lebar 1,2 m dalam BLM Tahap 1 Tahun 2013 PNPM Mandiri Perkotaan di RT 27, harapan mereka pun terwujud. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dengan diperbaikinya jalan tersebut adalah keberadaannya yang sangat membantu akses warga baik untuk ke lokasi kebun untuk bekerja, untuk anak-anak berangkat ke sekolah serta sebagai jalan pintas menuju Kelurahan Semelagi Kecil.

Sebagai pelaksana kegiatan, setelah melalui tahapan penilaian oleh LKM Merah Putih ditetapkanlah KSM Mekar Jaya yang diketuai Bapak Pawadi yang beranggotakan 5 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Jalan beton sepanjang 100 m lebar 1,2 m di RT 27 Kelurahan Setapuk Besar menelan biaya Rp. 9.018.000,- yang berasal dari BLM Tahap 1 PNPM Mandiri Perkotaan Tahun 2013 dan swadaya Masyarakat sebesar Rp. 3.226.000,- berupa tenaga kerja. Jumlah pemanfaat dari dibangunnya jalan ini sebanyak 38 KK dimana 19 KK diantaranya adalah berstatus KK Miskin. Selain itu, dengan dibangunnya jalan ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di luar RT 27 yang mempunyai kebun di lokasi pembangunan sehingga penerima manfaat secara keseluruhan adalah warga baik didalam maupun diluar kelurahan setapuk besar yang membutuhkan akses untuk aktivitas mereka sehari-hari.

Kegiatan tersebut mulai dikerjakan pada tanggal 27 Januari 2014 dan selesai pada tanggal 8 Februari 2014 dan pasca penyelesaian pekerjaan tersebut masyarakat disekitar pembangunan jalan mengaku sangat bersyukur dengan direalisasikannya kegiatan yang telah mereka usulkan. Bentuk kesyukuran dan dukungan kemudian dibuktikan oleh warga sekitar dengan melakukan gotong royong pada saat pelaksanaan kegiatan. Warga pun berharap agar kondisi jalan tersebut tetap dalam kualitas yang baik sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama karena kegiatan ini dilaksanakan dari, oleh dan untuk warga, untuk itu mereka pun membentuk Kelompok yang bertanggungjawab untuk menggerakkan masyarakat dalam memelihara prasarana tersebut.

Semoga dengan pelibatan masyarakat sejak dini dalam proses pembangunan dapat terus menjadi upaya untuk menggali dan memupuk rasa kepedulian masyarakat bahwa mereka dapat berperan sebagai subjek dan bagian dari pelaku pembangunan dan bukan sebagai objek penerima manfaat semata sehingga rasa kepemilikan terhadap aset yang telah dirintis dan dibangun bersama dapat tercipta dan terjaga. 
Maju terus masyarakatku.... dengan bersama maka kita bisa...!

Contact Person :
Bpk. Irwan  HP.082148285950

LKM MERAH PUTIH KEL. SETAPUK BESAR

Tidak ada komentar: