PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Selasa, 13 Mei 2014

Kembali rapatkan barisan, OC-3 Kalbar gelar Rapat Konsolidasi

PONTIANAKPelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan (PNPM MPk) di Provinsi Kalimantan Barat dimulai sejak tahun 2004. Dalam pelaksanaannya, PNPM Mandiri Perkotaan diarahkan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pencapaian sasaran Millenium Development Goals (MDG’s). Program ini dinilai sangat strategis karena menyiapkan landasan kemandirian masyarakat, yakni dengan memfasilitasi terbentuknya kelembagaan kepemimpinan masyarakat yang representatif, mengakar dan kondusif bagi perkembangan modal sosial (social capital) masyarakat di masa mendatang.

Di Kalimantan Barat, program ini dilaksanakan di 88 kelurahan atau desa, 14 kecamatan dan 5 kabupaten/kota dimana PNPM MPk dibawah kendali Oversight Consultant (OC)-3 Kalimantan Barat secara konsisten dan intensif terus mendampingi perjalanan program diseluruh Lokasi dampingan PNPM baik ditingkat masyarakat maupun pemerintah daerah.

Dalam rangka evaluasi pencapaian kinerja dan progress pendampingan di Triwulan pertama tahun 2014 di OC-3 Kalbar, maka diselenggarakanlah kegiatan Rapat Konsolidasi Bertempat di ruang pertemuan cafe Jireh Pontianak, Selasa 13 mei 2014 dimulai pukul 09.00 WIB dengan melibatkan Team leader dan seluruh Tenaga Ahli di tingkat KMW bersama perwakilan Konsultan di tingkat Kabupaten/Kota dengan menghadirkan Koordinator Kota/Assisten CD Mandiri serta Assisten Manajemen Data (Asmandat).

Berdasarkan Surat TL KMP Wilayah I No. 147/KMP Wil.I/VI/2013 tanggal 07 Juni 2013 tentang Rekomendasi Kegiatan Konsolidasi KMW OC-3 Provinsi DKI Jakarta, Kalbar, dan Banten, maka KMW Kalbar mengagendakan Pelaksanaan Konsolidasi KMW Ke-4 dengan peserta 17 orang. Evaluasi Progres Lapangan dan Strategi Pencapaian Target sampai dengan Maret (Triwulan I) 2014. Selain itu dari hasil Rakor Program Director (PD) dan Team Leader (TL) tanggal 18-20 Februari 2014 di Bandung, maka perlu disampaikan segera isu-isu dan informasi terbaru kebijakan pelaksanaan program tahun 2014 untuk dapat segera ditindaklanjuti seluruh jajaran pelaku program di KMW Kalbar.

Dari pelaksanaannya, Momentum rapat ini benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh peserta dengan mendiskusikan capaian pendampingan dilapangan terkait progress, kendala dan target serta hal-hal strategis-substansial agar implementasi program semakin efektif memberikan pengaruh pada sebesar-besarnya pengentasan kemiskinan.
Saat tulisan ini dibuat, waktu menunjukkan pukul 16.15 WIB masih berlangsung dengan seru diskusi berkenaan dengan pencapaian kinerja kelembagaan dan persiapan pemilu BKM di 52 Kelurahan/Desa se-Kalimantan Barat....
Semoga segala usaha untuk mencurahkan pemikiran terbaik ini dapat menjadi bagian peta jalan panjang penanggulangan kemiskinan di negeri ini.....

Bersambung


Tidak ada komentar: