PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Kamis, 04 September 2014

Siapkan TOT PPMK, OC-3 Kalbar marathon selenggarakan rapat

Tidak ingin rendah dalam pencapaian tujuan TOT, tim pemandu dari OC 3 kalbar melakukan rapat marathon mulai dari membahas materi yang akan disampaikan hingga teknis penyelenggaraan dimana rencananya TOT akan dilaksanakan pada 8-14 September 2014 di Gedung Zamrud Pontianak.

Peserta TOT PPMK adalah seluruh Tim Korkot/Askot CD mandiri serta Tim fasilitator dari 5 Kabupaten/Kota se-Kalbar yang didampingi oleh PNPM Mandiri Perkotaan atau sebanyak 54 orang yang akan dimobilisasi dari lokasi dampingan masing-masing yang nantinya akan dibagi menjadi 2 kelas besar pelatihan. Dari 88 Desa/Kelurahan dampingan, ditahun ini terdapat 22 Kelurahan/desa yang memperoleh program PPMK 2014.

"Tak kurang telah 6 kali rapat telah dilaksanakan untuk mendetilkan persiapan TOT ini, bahkan tak jarang kami harus pulang dari kantor lebih larut dari biasanya, tak lain harapan kami agar pelatihan nanti dapat berjalan sukses, lancar dan produktif melahirkan peserta yang siap berjuang dilapangan pada masa pendampingan nantinya" ungkap tenaga ahli PPMK, effendi.

PPMK atau singkatan dari Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas merupakan program lanjutan intervensi PNPM Mandiri Perkotaan dari Phase berdaya menuju mandiri. PPMK difokuskan untuk memperkuat dan mengembangkan KSM sebagai wadah masyarakat miskin dalam meningkatkan pendapatannya secara berkesinambungan melalui pengembangan usaha ekonomi produktif dan kreatif.

Menurut Komala Erwan, TL OC 3 PNPM Perkotaan Provinsi Kalbar "Dengan penyelenggaraan Training of Trainer atau TOT PPMK ini, diharapkan para peserta yang merupakan para pendamping langsung ditingkat masyarakat benar-benar siap dalam mengawal dan mensukseskan tujuan program agar masyarakat miskin yang menjadi penerima manfaat langsung dari program ini dapat meningkat penghidupan mereka secara berkelanjutan yang pada akhirnya dapat keluar dari permasalahan kemiskinannya".

"Dalam upaya mensukseskan program ini di Kalimantan Barat, selain difasilitasi oleh konsultan, tak terkecuali peran Pemerintah Daerah sebagai penanggungjawab strategis ditingkat daerah untuk dapat bersama-sama mengawal dan memonitor berjalannya program agar target program dilingkup lokal dapat kontributif dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di daerah. Diharapkan pula dengan adanya program ini, dapat menjadi awal keberlanjutan program secara permanen didaerah yang apabila dinilai sukses menurunkan angka kemiskinan dapat ditindaklanjuti dengan melakukan replikasi/adopsi program dengan memaksimalkan alokasi APBD untuk diterapkan pada Kelurahan/Desa lain yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi sehingga perlu diintervensi dengan program yang sama" Tegas Komala.

Untuk memperoleh informasi lengkap dan lebih lanjut mengenai program dapat secara langsung berkunjung ke Kantor PNPM Mandiri Perkotaan Kalbar di Jalan Abdurrahman Saleh Komplek Bapindo No. 1 Pontianak atau melalui e-mail : pnpmcity.kalbaroc3@gmail.com







oleh : Agus Sarwoko

TA LG-PP pic Socialization Specialist
OC-3 Provinsi Kalimantan Barat

Tidak ada komentar: