PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Rabu, 12 Maret 2014

Jalan Telford Bantuan P4-IP yang dibangun oleh Masyarakat, MANTAP....


Jalan Tanah yang terletak di RT 02 Dusun Pakeng Desa Bhakti Mulya Kabupaten Bengkayang merupakan jalan yang baru di buka sehingga pada waktu musim hujan kondisinya licin dan berbahaya karena sebagian berada di pinggir jurang. Jalan ini selain menuju lokasi permukiman juga menjadi akses untuk menuju lokasi kebun. Pemanfaat jalan tersebut sebanyak 22 KK yang terdiri dari 53 laki – laki dan 43 perempuan, sedangkan penduduk miskin berjumlah 17 KK, selain itu jalan tersebut juga dimanfaatkan oleh warga RT lain yang mempunyai kebun di lokasi tersebut. 
Desa Bhakti Mulya merupakan satu – satunya Desa di Kabupaten Bengkayang yang menerima bantuan Program Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4-IP) Tahun 2013. Berdasarkan usulan warga setelah melalui musyawarah dan penilaian masuklah usulan ini menjadi prioritas untuk di laksanakan dengan bantuan P4-IP. 
Sebagai pelaksana ditunjuklah KSM Tabude Ani yang beranggota 5 orang terdiri dari 3 laki – laki dan 2 perempuan dan diketuai oleh Anyun yang dinilai layak oleh LKM Mani Amas  Desa Bhakti Mulya untuk melaksanakan kegiatan.
Jalan Telford sepanjang 310 m dan lebar 2,5 m ini menelan dana Rp. 80.850.000 yang berasal dari BLM P4-IP Tahun 2013 sedangkan swadaya masyarakat yang berupa tenaga kerja sebesar Rp. 17.633.000. 
Kepedulian Masyarakat terlihat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dimana cukup banyak Warga RT 02 Dusun Pakeng yang bergotong royong membantu pelaksanaan kegiatan.
Untuk pemanfaatan dan pemeliharaan jalan tersebut masyarakat membentuk kelompok yang bertanggung jawab untuk menggerakkan warga apabila terjadi kerusakan.

Kontak Person LKM Mani Amas :
Bpk. Nugang 081345334900