PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Selasa, 02 Desember 2014

9 Program Prioritas Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi

Achmad Zulfikar Fazli

Marwan Jafar--MI/Sugeng
Marwan Jafar--MI/Sugeng
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mencanangkan 9 program kerja prioritas untuk lima tahun ke depan.

Pertama, peluncuran gerakan desa mandiri di 3.500 desa yang akan dimulai pada tahun 2015. Kemudian, pendampingan dan penguatan kapasitas kelembagaan dan aparatur 3.500 pada desa yang dimulai pada 2015.

"Ketiga, pembentukan dan pengembangan 5.000 BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)," kata Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Marwan Jafar di Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (11/11/2014).

Prioritas program kerja Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi yang keempat yakni melakukan revitalisasi pasar desa di 5.000 desa atau kawasan pedesaan. Kelima, pembangunan infrastruktur jalan pendukung pengembangan produk unggulan di 3.500 desa mandiri.

Kemudian keenam, penyiapan implementasi penyaluran dana desa Rp1,4 miliar per desa secara bertahap. Ketujuh, penyaluran modal bagi koperasi atau UMKM di 5.000 desa. "Kedelapan, pilot project sistem pelayanan publik jaringan koneksi online di 3.500 desa," lanjut dia.

Terakhir kesembilan, 'save villages' desa perbatasan dan pulau-pulau terdepan, terluar dan terpencil menjadi prioritas kementerian PDT dan Transmigrasi.
LAL    

Tidak ada komentar: