PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan
Bersama Membangun Kemandirian

Senin, 17 November 2014

Berkat PPMK, Produksi Tambah Lancar


Oleh : Dwi Septiana Alhinduan, S.E
Hp 0813.4876.8109
Fasilitator Ekonomi Tim 8 Kab. Sambas,
OC-3 Prov. Kalbar






Adalah Hartini (43 tahun) seorang penjahit yang tinggal di Dusun Tanjung Mentawa, Desa Tanjung Mekar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.  Selain sebagai  sekretaris  di KSM Kemuning, Ibu Hartini juga sudah dua puluh tahun (sejak 1994) menjahit pakaian, biasanya mengambil borongan seragam sekolah.  Sebelum mendapat pinjaman PPMK, ia hanya mampu menghasilkan sekitar  1-2  helai pakaian per hari. Kini Ibu Hartini mampu menghasilkan sepuluh helai pakaian per hari, dibantu oleh  2  karyawan tetap dan 4 karyawan  tambahan yang diupah berdasarkan jumlah pakaian yang mampu mereka hasilkan dalam sehari.

Aktivitas Bu Hartini saat menjahit pakaian
 Sudah berapa kali Ibu memanfaatkan pinjaman bergulir dari program PPMK?
Sudah lima kali, Mbak. Dan alhamdulillah lancar.
Bisa diceritakan berapa jumlah uang pinjaman Ibu sejak pertamakali meminjam hingga saat ini?
Pertama saya meminjam sejumlah lima ratus ribu rupiah, setelah lunas, jumlah pinjaman saya naikkan jadi satu juta rupiah, lalu dua juta, dan sudah dua kali saya meminjam sejumlah lima juta rupiah. Terakhir jangka waktu pengembalian pinjaman selama dua puluh bulan.
Apa saja manfaat pinjaman bergulir PPMK untuk usaha Ibu?
Dana tersebut saya gunakan untuk membeli mesin obras guna mempercepat kerja saya dan menghemat biaya. Dulu, sebelum memanfaatkan dana pinjaman PPMK, saya selalu membayar orang untuk mengobras seragam sekolah sehingga menambah biaya produksi. Selain itu, uang yang saya hasilkan dari usaha menjahit dapat membantu ekonomi keluarga seperti membayar anak-anak saya les di luar.
Berapa penghasilan bersih yang Ibu dapatkan sebelum dan sesudah mendapat pinjaman PPMK?
Sebelum mendapat pinjaman PPMK, penghasilan bersih yang saya dapat sekitar satu juta rupiah per bulan. Kini saya bisa memperoleh penghasilan bersih sekitar dua juta rupiah per bulan.
Rencana Ibu ke depan?
Saya ingin membeli mesin jahit berukuran besar seharga lima juta rupiah. Dengan mesin itu, Insya Allah saya dapat menerima jahitan lebih banyak dari saat ini. Selain seragam sekolah, saya juga akan dapat menjahit seragam PNS dan pakaian untuk pelanggan umum.
Ibu Hartini memperlihatkan seragam sekolah hasil jahitannya

Harapan Ibu dengan adanya program PPMK ini?
Saya berharap semoga pesanan terhadap saya dapat meningkat sehingga saya dapat mempekerjakan lebih banyak lagi orang untuk membantu saya. Amiin.

Informasi lebih lanjut mengenai KSM ini, silakan hubungi:
Contact Person:
Nama Ketua BKM:
Nurdiansyah Zar'in
Alamat BKM :

Kelurahan:
Desa Tanjung Mekar
Kecamatan:
Sambas
Kab/Kota:
Sambas
Telp/HP:
0813 4534 5214

Nama Ketua KSM:
Sumadi
Alamat KSM :
Dusun Tanjung Mentawa
Kelurahan:
Desa Tanjung Mekar
Kecamatan:
Sambas
Kab/Kota:
Sambas
Telp/HP:
0853 4552 7911

Nama Profil BP :
Hartini
Alamat KSM :
Dusun Tanjung Mentawa
Kelurahan:
Desa Tanjung Mekar
Kecamatan:
Sambas
Kab/Kota:
Sambas
Telp/HP:
0853 4556 9282

editor : Agus sarwoko
 

Tidak ada komentar: